Minggu, 20 Mei 2012

Istiwa A’zham (Persinggahan Utama)


Istiwa A’zham (Persinggahan Utama) adalah peristiwa Istimewa yang hanya terjadi  2 kali dalam 1 tahun. Istiwa A’zham (Persinggahan Utama) merupakan suatu keadaan dimana saat matahari tepat berada di atas Ka'Bah. 
Peristiwa Istiwa A’zham (Persinggahan Utama) dimanfaatkan oleh umat islam guna menentukan arah kiblat. Peristiwa Istiwa A’zham (Persinggahan Utama) ini terjadi pada tanggal :
28 Mei (atau 27 di tahun kabisat) pukul 12:18 waktu Mekah dan 
16 Juli (atau 15 di tahun kabisat) pukul 12:27.
Artinya, semua orang yang bisa melihat matahari pada waktu itu dan menghadapkan wajahnya ke sana telah menghadapkan wajahnya ke kiblat. Atau jika kita melihat bayangan benda yang tegak lurus di atas tanah, maka bayangan tersebut akan membentuk garis arah kiblat.
Bagi yang di Indonesia, waktu kejadian tersebut adalah  
28 Mei jam 16:18 WIB dan 
16 Juli jam 16:27 WIB
Jadi, bagi yang ingin mengecek atau melihat benar tidaknya arah kiblat yang digunakan selama ini silakan keluar pada waktu tersebut dan lihat matahari (atau bayangannya).

Selasa, 15 Mei 2012

Pluralisme Agama Merusak Aqidah Ketauhidan

"Paham pluralisme agama, yang menyatakan semua agama sama, sangat berbahaya bagi aqidah ummat islam, karena paham ini akan mengantarkan ummat islam kepada keraguan terhadap Al-Quran dan Syariat Islam"

Oleh Saiful Bahri

1. Sentilan Bagi Pengusung Pluralisme Agama
Ada sebagian kalangan bahkan banyak yang mengatakan bahwa sebab pokok konflik-konflik yang terjadi adalah agama, seperti konflik Palestina dengan Israil, Bosnia dengan Serbia, tragedi Poso antara orang Islam dengan Kristen, dan lain sebagainya. Atas dasar asumsi tersebut, kata Anis Malik Toha, dosen perbandingan agama di ISTAC Malaysia dalam bukunya Tren-Tren Plulalisme Agama:Studi Kritis, para ahli perbandingan agama meneliti kembali agama-agama kemudian menyimpulkan bahwa semua agama sama. Kesimpulan itulah yang akhirnya diakui dan dijadikan rujukan oleh banyak kalangan, padahal kesimpulan tersebut salah, karena telah terjadi pengkebirian reduksionistik tentang agama.
Toha menambahkan dalam buku yang sama, pernyataan semua agama sama kemudian dikembangkan oleh W.C. Smith dan John Hick yang keduanya menyebutnya dengan “teori global” inti dari teori ini adalah semua agama sama, semuanya dapat dijadikan sebagai jalan untuk menuju keselamatan, perbedaaannya adalah hanya dari segi cara. Untuk mengembangkan tesis tersebut, W.C. Smith menganjurkan keharusan “tranformasi orientasi dari pemusatan agama menuju pemusatan iman dan himpunan tradisi”. Sedangkan John Hick menganjurkan keharusan “tranformasi orientasi dari pemusatan agama menuju pemusatan Tuhan”. Dari keduanya, terutama John Hick, teori pluralisme agama tersebar ke banyak negara atau bangsa, termasuk Indonesia.
Di Indonesia paham ini banyak disebarluaskan oleh orang-orang yang mengaku ingin memperbaharui pemahaman ajaran agama, karena ajaran yang selama ini diajarkan sudah tidak relevan lagi dengan tuntutan global atau zaman sekarang, kata mereka. Tapi apakah Indonesia yang penduduknya mayoritas islam mau menerima paham tersebut? MUI (Majlis Ulama Indonesia) sebagai lembaga keagamaan yang punya otoritas untuk menolak atau menerima paham ini telah mengeluarkan fatwa haram terhadap paham pluralisme agama. Dengan kata lain, MUI menolaknya.
Mereka yang menyebarkan paham ini sering menggunakan surat al-Baqoroh ayat 62 dan 69 sebagai alat legitimasi bahwa al-Quran mengakui dan menerima pluralisme agama. Kata Dr. Syamsudin Arif dalam bukunya Orientalisme dan Diabolisme Pemikiran hal 153, 2008 mereka telah melakukan mis interpretasi ayat tersebut, seharusnya mereka sebelum menafsirkan ayat tersebut melihat atau tidak mengabaikan kontek siyaq, sibaq serta lihaq, karena tidak melihat tiga kontek tersebut maka pada akhirnya kesimpulan mereka adalah pemeluk agama selain islam akan mendapatkan pahala atau surga dari Allah, yang paling penting mereka melakukan perbuatan yang baik (amal sholeh). Lebih lanjut lagi setelah memapaparkan 15 ulama tafsir tentang ayat tersebut beliau menyimpulkan bahwa ulama tafsir dari kalangan salaf dan kholaf sepakat: (1) ayat 62 surat al-Baqoroh turun berkenaan setelah para sahabat salman al-farisi yang belum masuk islam; (2) orang-orang yang munafiq dari kalangan kaum Muslimin, Yahudi maupun Nashroni adalah Kuffar, tidak beriman; (3) keselamatan, kedamian, dan kebahagian akhirat hanya dapat diraih melalui iman sejati dan amal sholeh sesuai dengan petunjuk Rasullah, Muhammad SAW.
Lebih transfran dari Dr. Syamsudin Arif, Prof. Kh. Ali Yaqub dalam bukunya, Haji Pengabdi Syetan menyatakan bahwa paham yang menyatakan bahwa semua agama sama, semuanya dapat dijadikan sebagai jalan untuk mendapatkan keselamatan adalah pemikiran sesat, yang tidak sesuai dengan Islam. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa para pengusung paham ini telah melupakan atau mungkin sengaja melupakan ayat-ayat selain ayat tersebut, hadits-hadist Rasul dan sejarah yang mana menunjukan bahwa Rasul SAW telah mengajak para penguasa arab yang bukan beragama islam untuk masuk islam, seandainya Rasul menganut paham pluralisme agama, buat apa Rasul capek-capek mengajak para penguasa tersebut untuk masuk islam. Jadi jelaslah bahwa paham pluralisme agama bertentangan dengan islam.
Tidak hanya ayat 62 dan 69 surat al-Baqoroh yang jadikan mereka sebagai alat legitimasi plurlaisme agama, para pengusung teori ini juga menjadikan Ibnu Arobi dari tokoh islam yang kata mereka sebagai legitimator pluralisme agama dalam islam. Apakah benar perkataan tersebut? Maka marilah sedikit kita telusuri untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Dr. Syamsudin Arif dalam bukunya yang sama mengatakan, memang sejak beberapa dasawarsa terakhir tokoh yang telah menulis lebih dari 400 karya ini (Ibnu ‘Arobi) telah dijadikan sebagian ikon pluralisme agama oleh sebagian tokoh untuk membenarkan filsafat Perennial atau al-Hikmah al-kholidah yang dipopulerkan oleh Fritjof Schoun, Seyyed Husein Nashir dan Wiliam. C. Chittick.
Mungkin untuk mengetahui bahwa Ibnu A’robi bukanlah seperti apa yang katakan oleh para pengusung pluralisme agama maka disini kita memaparkan pandangan beliau tentang islam, syariat dan orang Yahudi dan Nashroni.
Tentang islam, Sani Badron dalam majalah Islamia No.3 2004 mengatakan Ibnu Arobi bukanlah apa yang katakan oleh para pengusung pluralisme agama. Ibnu a’robi meyakini bahwa hanya Islam agama yang sempurna dan agama yang lain tidak. Kesempuranaan merujuk kepada kesempurnaan nash-nash atau teks agama. Beliau menegaskan firman Allah “pada hari ini telah kusempurnakan untukmu agamu” sebagai satu ketetapan mengenai kesempurnaan agama islam yang tidak perlu penambabahan.
Mengenai syariat, Toha dalam bukunya Tren-Tren Plulalisme Agama:Studi Kritis 2005:246 bahwa Ibnu Arobi dalam kitabnya Al-Futuhat al-Makaiyyah mengatakan:
“Syariat-syariat semuanya adalah cahaya dan Syariat Muhammad SAW diantara cahaya-cahaya ini ibarat, seperti cahaya matahari diantara cahaya-cahaya bintang-bintang. Ketika cahaya matahari muncul maka reduplah cahaya-cahaya bintang-bintang tersebut dan terserap kedalam cahaya matahari. Maka sirnanya cahaya-cahaya tersebut ibarat dihapusnya syariat-syariat tersebut oleh syariat Nabi Muhammmad. Dengan tetap eksisnya hakikat syarit-syariat tersebut sebagaimana eksisnya cahaya bintang-bintang. Oleh karena itu diwajibkan mengimani semua rasul. Dan semua syariat mereka adalah benar dan tidak dinaskh (dihapus) karena batal atau salah sebagaimana diduga orang–orang bodoh. Maka semua jalan (syariat) mengacu pada jalan atau Syariat Nabi Muhammad SAW. Seandainya para rasul hidup pada zaman Nabi Muhamad niscaya mereka akan mengikutinya sebagaimana syariat mereka mengikuti syariatnya.
Sedangkan mengenai orang Yahudi dan Nashroni, Dr. Syamsudin Arif dalam bukunya yang sama meruju langsung kepada Al-Futuhat al-Makiyyah mengatakan “menurut Ibnu A’robi, orang Yahudi dan Nashroni yang masuk islam tidak dikatakan murtad, karena ajaran agama murni mereka memang mengharuskan beriman kepada Nabi Muhammad SAW dan mengikuti syariatnya. Pengikut Nabi Isa yang murni dan sejati tidak hanya mengimani kenabian Muhamamad SAW tetapi juga beribadah menurut Syariat Islam. Tentang Nabi Musa, beliau menegaskan dengan sabda Rasul SAW “seandainya Nabi Musa hidup saat ini, maka beliau pun tidak dapat tidak, harus mengikutiku.” Jelas dari penjelalasan ini menurut Ibnu Arobi orang-orang Yahudi dan Nashroni harus mengimani Rasul SAW dan mengikuti syariatnya, dengan kata lain mereka harus masuk islam, jika ingin mendapat keselamatan.”
Dari penjelasan diatas, jelaslah bahwa Ibnu Arobi bukanlah apa yang dikatakan oleh para pengusung pluralisme agama, dia bukanlah tokoh yang mengakui bahwa semua agama sama, semua dapat dapat menjadi jalan keselamatan, baginya hanya islam jalan keselamatan.

2. Konsekuensi Logis Pluralisme Agama
Adiain Husaini, dalam bukunya Pluralisme Agama:Haram (Fatwa MUI. Kontro versi, dan Penjelasannya) menyebutkan konsekuensi logis dari paham pluralisme agama adalah penyerangan terhadap al-Quran dan Syariah Islam. Dia mengatakan pada hal 41 konsekuensi logis dari paham pluaralisme agama adalah pandangan yang relatif terhadap kebenaran al-Quran. Sebab, kaum pluralis melihat keyakinan ummat Islam yang mutlak terhadap kebenaran dan kesucian al-Quran merupakan sumber pemahaman yang ekslusif, seolah-olah hanya islamlah dan kitab sucinya saja yang benar. Pada hal 46 dia menambahkan setelah kesucian Aqidah Islam tentang kebenaran al-Quran diobrak-abrik maka konsekuensi logis paham ini ialah mendekonstruksi Syariat Islam yang sudah mapan ratusan tahun.
Dalam buku Tren-Tren Pluralisme Agama:Studi Kritis karangan Dr. Anis Malik Toha disebutkan implikasi dan konsekuensi logis dari paham pluralisme agama salah satunya adalah ancaman terhadap HAM (Hak Asasi Manusuia). Dalam buku ini yang dimaksud dengan ancaman terhadap adalah tidak bebasnya pemeluk agama untuk mewujudkan atau mengekspresikan jati dirinya secara utuh dalam melaksanakan ajaran agama yang diyakinninya. Toha mengatakan
“fakta emperis menunjukan bahwa para pemeluk agama yang minoritas yang hidup dalam naungan sistem pluralistik mengalami perlakuan diskriminatif yang menghalangi kebebasan mereka untuk mengeksperesikan jati diri keagamaannya, melakukan kewajiban-kewajiban ritual keagamaan, dan untuk memperoleh hak persamaan di depan undang-undang dan hukum seperti mengenakan jilbab bagi seoarang muslimah di sekolah-sekolah negri dan tempat-tempat kerja, penyembelihan hewan kurban untuk kalangan yahudi atau muslim. Jargon kebebasan yang diusung oleh sistem pluralistik liberal hanyalah sebatas kebebasan berkeyakinan dan beribadah dalam arti sempit, kemudian buat apa arti sebuah keyakinan atau keimanan tanpa mempraketekkaknya?”
Membaca penejelasan singkat diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa paham pluralisme agama yang menyatakan semua agama sama sangat berbahaya bagi aqidah ummat islam, karena paham ini akan mengantarkan ummat islam kepada keraguan terhadap al-Quran dan Syariat Islam.

Sumber : (http://www.pku.isid.gontor.ac.id/index.php/archives/17)

Senin, 14 Mei 2012

7 Cara Mengasah Kemampuan Intelektual

Meski kemampuan intelektual bisa berasal dari warisan alami, intelejensi juga bisa dibentuk. Berikut beberapa tips untuk dapat meningkatkan kemampuan akademis seperti dikutip dari College Candy.

Tidur
Siklus tidur yang sehat adalah 6-8 jam per hari. Memenuhi kebutuhan tidur dengan rentang waktu tersebut dipercaya dapat meningkatkan memori otak.

Banyak Membaca
Jangan remehkan membaca baik literatur, fesyen blog, atau sekadar komik. Berbagai jenis bacaan tersebut dapat meningkatkan daya ingat dan menambah topik pembicaraan ketika berinteraksi. Semakin banyak jenis buku yang dibaca, perbendaharaan topik pembicaraan juga semakin luas.

Menantang Diri
Menurut para ahli saraf, mampu mengatasi hambatan yang ada dan menantang otakmu akan meningkatkan kecerdasan IQ. Contoh paling sederhana adalah dengan mempelajari bahasa baru, satu kata per hari. Coba selesaikan kembali tantangan yang pernah gagal. Menantang diri akan membuatmu merasa meraih sebuah pencapaian.

Olahraga
Segala bentuk aktivitas fisik yang dilakukan setidaknya dua kali seminggu akan meningkatkan sirkulasi ke seluruh tubuh, terutama otak. Jika tidak terlalu mempunyai waktu untuk pergi ke gym, bisa dicoba dengan relaksasi, mengikuti yoga atau olahraga ringan dengan berjalan kaki ke berbagai tempat.

Konsumsi Makanan Sehat
Mengonsumsi makanan sehat seperti sayur buah, serta protein yang mengandung asam lemak omega 3 dapat meningkatkan fungsi otak. Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli adalah 'permen' bagi otak.

Introspeksi
Introspeksi diri dan sadari apa yang telah dilakukan menjadi bentuk paling penting dari sebuah intelijensi.

Pelajari hal baru dalam satu hari
Otak mampu menyerap banyak hal setiap harinya. Jika kita belajar satu hal baru setiap harinya maka dalam satu tahun kita bisa mendapatkan 365 hal baru yang memperkaya pengetahuanmu.
Sumber : (Okezone/****)

Jumat, 11 Mei 2012

Cara Menentukan Arah Kiblat

Jika anda memperhatikan, sebenarnya banyak Masjid-masjid di Indonesia yang salah arah kiblatnya. Hal ini terjadi karena banyak kesalah pahaman dalam menentukan arah kiblat pada jaman Belanda dulu. Pada saat itu Banyak Masjid didirikan menggunakan Arah Barat sebagai patokan Arah Kiblat. 
Bahkan di Suriname, Banyak masjid yang didirikan mengarah ke Barat, Hal ini karena pada saat itu banyak para pekerja dari Pulau jawa yang beragama muslim di bawa ke negeri itu pada jaman Belanda. karena mengikuti keadaan geografis di daerah jawa pada waktu itu kiblat mengarah ke barat, maka warga muslim disanapun membangun masjid dengan arah kiblat ke Barat.
Hal ini juga terbukti dengan melencengnya Arah Kiblat di Indonesia, ketika diukur dengan teknologi yang ada pada saat ini. Sekarang banyak Masjid yang di bangun di Indonesia menggunakan berbagai macam metode Penentuan  arah Kiblat. diantaranya yaitu, 
1. Menggunakan Matahari Sebagai Panduan Arah

Dalam menggunakan matahari sebagai panduan arah kiblat, kita harus tau kapan waktu yang tepat untuk melakukannya, Cara ini dapat dilakukan hanya 2 kali dalam 1 tahun, yakni saat matahari tepat berada di atas Ka'Bah. Dalam bahasa arab keadaan ini disebut sebagai peristiwa Istiwa A’zham (Persinggahan Utama). 

Peristiwa ini terjadi pada tanggal :
28 Mei (atau 27 di tahun kabisat) pukul 12:18 waktu Mekah dan 
16 Juli (atau 15 di tahun kabisat) pukul 12:27.
Artinya, semua orang yang bisa melihat matahari pada waktu itu dan menghadapkan wajahnya ke sana telah menghadapkan wajahnya ke kiblat. Atau jika kita melihat bayangan benda yang tegak lurus di atas tanah, maka bayangan tersebut akan membentuk garis arah kiblat.
Bagi yang di Indonesia, waktu kejadian tersebut adalah  
28 Mei jam 16:18 WIB dan 
16 Juli jam 16:27 WIB
Jadi, bagi yang ingin mengecek atau melihat benar tidaknya arah kiblat yang digunakan selama ini silakan keluar pada waktu tersebut dan lihat matahari (atau bayangannya).
2. Menggunakan Geo Locator dan Kompas
Dalam metode ini kita membutuhkan alat yang bisa kita pinjam di Departemen Agama setempat. alat ini menggunakan peta dan kordinat bumi sebagai petunjuk arah. Geo locator ini merupakan gabungan dari Theodolit (untuk menentukan titik panduan serta arah sudut kemiringan) dan menggunakan GPS sebagai alat bantu menentukan location point.

3. Menggunakan Google Earth
Cara yang lainnya adalah menggunakan Aplikasi Google earth, melalui aplikasi ini kita dapat secara langsung menarik garis lurus antara Ka'Bah dengan lokasi masjid yang akan dibangun. cara menggunakannya adalah dengan menggunakan (Rules/Penggaris) yang ada pada menu toolbar google earth. kemudian tentukan titik pertama pada Ka'Bah dan geser Map ke lokasi anda dan letakkan kursor tepat pada titik center lokasi pembangunan Masjid.
Gambar 1 Icon Penggaris/Rules

Gambar 2. Menentukan Titik Ke- 1

Gambar 3. Menentukan Titik Ke-3 dan Melihat Arah Lurus Garis Kiblat

Gambar 4. Garis Lurus Arah Ka'Bah

Banyak Masjid Agung yang dibangun pada jaman Belanda mengikuti arah matahari yang salah karena hanya berpatokan pada Arah Barat saja.  Jika anda mengukur Arah Kiblat pada waktu Istiwa A’zham (Persinggahan Utama) maka anda akan menemukan bahwa Masjid2 tersebut menyimpang arah Kiblatnya. Solusinya Mudah, Diskusikan dengan Warga setempat, dan tinggal menyerongkan badan ke arah yang benar saat sholat.
Selamat mencoba menentukan Arah Kiblat Masjid Anda....

Sabtu, 05 Mei 2012

Kerajaan - kerajaan di Nusantara

Di Indonesia, jaman kerajaan telah di mulai sejak sebelum masehi, perkembangan kerajaan nusantara dibangun melalui pertalian persaudaraan dan perdagangan serta jiwa merantau yang dimili nenek moyang bangsa di nusantara ini. berikut adalah daftar dari kerajaan-kerajaan yang diketahu sesuai masanya di belahan nusantara ini.
No Nama Kerajaan Lokasi Situs PerkiraanTahun Berdiri
1. Kerajaan Kandis* Lubuk Jambi, Riau Sebelum Masehi
2. Kerajaan Melayu Jambi Jambi Abad ke-2 M
3. Kerajaan Salakanegara Pandeglang, Banten 150 M
4. Kepaksian Skala Brak Kuno Gunung Pesagi, Lampung Abad ke-3 M
5. Kerajaan Kutai Muara Kaman, Kaltim Abad ke-4 M
6. Kerajaan Tarumanegara Banten Abad ke-4 M
7. Kerajaan Koto Alang Lubuk Jambi, Riau Abad ke-4 M
8. Kerajaan Barus Barus, Sumatra Utara Abad ke-6 M
9. Kerajaan Kalingga Jepara, Jawa Tengah Abad ke-6 M
10. Kerajaan Kanjuruhan Malang, Jawa Timur Abad ke-6 M
11. Kerajaan Sunda Banten-Jawa Barat 669 M
12. Kerajaan Sriwijaya Palembang, Sumsel Abad ke-7 M
13. Kerajaan Sabak Muara Btg. Hari, Jambi 730 M
14. Kerajaan Sunda Galuh Banten-Jawa Barat 735 M
15. Kerajaan Tulang Bawang Lampung 771 M
16. Kerajaan Medang Jawa Tengah 820 M
17. Kerajaan Perlak Peureulak, Aceh Timur 840 M
18. Kerajaan Bedahulu Bali 882 M
19. Kerajaan Pajajaran Bogor, Jawa Barat 923 M
20. Kerajaan Kahuripan Jawa Timur 1009 M
21. Kerajaan Janggala Sidoarjo, Jawa Timur 1042 M
22. Kerajaan Kadiri/Panjalu Kediri, Jawa Timur 1042 M
23. Kerajaan Tidung Tarakan, Kalimantan Timur 1076 M
24. Kerajaan Singasari Jawa Timur 1222 M
25. Kesultanan Ternate Ternate, Maluku 1257 M
26. Kesultanan Samudra Pasai Aceh Utara 1267 M
27. Kerajaan Aru/Haru Pantai Timur, Sumatra Utara 1282 M
28. Kerajaan Majapahit Jawa Timur 1293 M
29. Kerajaan Indragiri Indragiri, Riau 1298 M
30. Kerajaan Panjalu Ciamis Gunung Sawal, Jawa Barat Abad ke-13 M
31. Kesultanan Kutai Kutai, Kalimantan Timur Abad ke-13 M
32. Kerajaan Dharmasraya Jambi 1341 M
33. Kerajaan Pagaruyung Batu Sangkar, Sumbar 1347 M
34. Kesultanan Aceh Banda Aceh 1360 M
35. Kesultanan Pajang Jawa Tengah 1365 M
36. Kesultanan Bone Bone, Sulawesi Selatan 1392 M
37. Kesultanan Buton Buton Abad ke-13 M
38. Kesultanan Malaka Malaka 1402 M
39. Kerajaan Tanjung Pura Kalimantan Barat 1425 M
40. Kesultanan Berau Berau 1432 M
41. Kerajaan Wajo Wajo, Sulawesi Selatan 1450 M
42. Kerajaan Tanah Hitu Ambon, Maluku 1470 M
43. Kesultanan Demak Demak, Jawa Tengah 1478 M
44. Kerajaan Inderapura Pesisir Selatan, Sumbar 1500-an M
45. Kesultanan Pasir/Sadurangas Pasir, Kalimantan Selatan 1516 M
46. Kerajaan Blambangan Banyuwangi, Jawa Timur 1520-an M
47. Kesultanan Tidore Tidore, Maluku Utara 1521 M
48. Kerajaan Sumedang Larang Jawa Barat 1521 M
49. Kesultanan Bacan Bacan, Maluku 1521 M
50. Kesultanan Banten Banten 1524 M
51. Kesultanan Banjar Kalimantan Selatan 1526 M
52. Kesultanan Cirebon Jawa Barat 1527 M
53. Kesultan Sambas Sambas, Kalimantan Barat 1590-an M
54. Kesultanan Asahan Asahan 1630 M
55. Kesultanan Bima Bima 1640 M
56. Kerajaan Adonara Adonara, Jawa Barat 1650 M
57. Kesultanan Gowa Goa, Makasar 1666 M
58. Kesultanan Deli Deli, Sumatra Utara 1669 M
59. Kesultanan Palembang Palembang 1675 M
60. Kerajaan Kota Waringin Kalimantan Tengah 1679 M
61. Kesultanan Serdang Serdang, Sumatra Utara 1723 M
62. Kesultanan Siak Sri Indrapura Siak, Riau 1723 M
63. Kasunanan Surakarta Solo, Jawa Tengah 1745 M
64. Kesltn. Ngayogyakarto Hadiningrat Yogyakarta 1755 M
65. Praja Mangkunegaran Jawa Tengah-Yogyakarta 1757 M
66. Kesultanan Pontianak Kalimantan Barat 1771 M
67. Kerajaan Pagatan Tanah Bumbu, Kalsel 1775 M
68. Kesultanan Pelalawan Pelalawan, Riau 1811 M
69. Kadipaten Pakualaman Yogyakarta 1813 M
70. Kesultanan Sambaliung Gunung Tabur 1810 M
71. Kesultanan Gunung Tabur Gunung Tabur 1820 M
72. Kesultanan Riau Lingga Lingga, Riau 1824 M
73. Kesultanan Trumon Sumatra Utara 1831 M
74. Kerajaan Amanatum NTT 1832 M
75. Kesultanan Langkat Sumatra Utara 1877 M
76. Republik Indonesia Kepulauan Nusantara 17-8-1945
Sumber: http://www.wikipedia.com (dengan olahan), *Tahun berdiri berdasarkan tombo adat

Jumat, 04 Mei 2012

Cara Reset Printer Canon IP1980

Bagi para pengguna printer Canon jenis IP tentu pernah mengalami printe macet pada saat sedang melakukan pencetakan. Biasanya hal ini terjadi saat kita melakukan pencetakan yang banyak dalam jumlah besar. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat melakukan pengecekan printer canon, yaitu melalui indikator lampu Orange dan Hijau. Jika Printer mengalami hal-hal di bawah ini maka printer perlu direset.

1. Blink 4x  Orange dan 1x Hijau 
    - Hidupkan Printer yang blink 4x orange 1x hijau. 
    - Tekan dan tahan tombol RESUME sekitar 10-30 detik.  
    - Kemudian akan terdengar bunyi printer mulai melakukan inisialisasi / persiapan.
    - Selesai  
     Cara ini dapat digunakan untuk iP1880, iP1980, iP1200, iP1300, iP1600, iP1700. 

2. Hijau dan Orange berkedip bergantian 7x (Ink Absorber Full)
3. Orange 8x Ink Tank Full


Untuk melakukan reset anda perlu aplikasi khusus reseter, jika belum punya download disini 

1. Driver harus sudah di install.
2. Printer harus dalam keadaan service mode (temporary reset) .

Untuk mengaktifkan service mode:
    • Cabut kabel power listrik
    • Tekan power (di printer)
    • Colokan power listrik (lampu akan berwarna hijau)
    • Sambil menekan power tekan tombol resume (lampu berubah orange)
    • Lepas keduanya (printer akan mati)
    • Tekan tombol power lagi dan langsung lepaskan.(lampu akan berwarna hijau) (jangan mencabut power listrik)
3. Jalankan General Service Tool.
    Cara menjalankan General Service Tool
   
4. Cabut power listrik, colokan kembali dan nyalakan. 
5. Selesai


Kamis, 03 Mei 2012

Sniper Elite V2-SKIDROW

System
 
DOWNLOAD
INFO
Sniper Elite V2-SKIDROW| Publisher: 505 Games | Developer: Rebellion | Genre: First-Person Action | Platform: PC | Size: 5.1 GB | Release Date: 02.05.2012

The sequel to the highly-acclaimed 2005 game Sniper Elite, Sniper Elite V2 continues to offer gamers the most authentic World War II sniping experience by putting them in the middle of war-torn Berlin amidst the frenzied final battle between German and Russian forces. With an emphasis on learning to handle the anticipation and pressure of the hunt, players are forced to use skill, patience and cunning to achieve their missions as they find themselves facing life-altering choices. The celebrated “bullet cam” from Sniper Elite makes its return and will be more gratifying than ever. Skillful shots are rewarded with a slow-motion sequence of the bullet running its full trajectory from barrel to target as well as featuring graphic detail of the effects of the bullet entering and destroying a target.

INSTALL NOTES
1. Unpack the release
2. Mount or burn image
3. Install
4. Copy everything from the SKIDROW folder into the game installation
5. Play the game
6. Support the companies, which software you actually enjoy!




ENJOY THE GAME

Sari Kedelai, Khasiat dan Gizi Serta Manfaatnya

Kedelai (kadang-kadang ditambah "kacang" di depan namanya) adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecap, tahu, dan tempe. Berdasarkan peninggalan arkeologi, tanaman ini telah dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di Asia Timur. Kedelai putih diperkenalkan ke Nusantara oleh pendatang dari Cina sejak maraknya perdagangan dengan Tiongkok, sementara kedelai hitam sudah dikenal lama orang penduduk setempat. Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia adalah Amerika Serikat meskipun kedelai praktis baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah 1910.
Sari Kedelai, merupakan minuman yang dihasilkan dari Kedelai sejak adanya pengolahan Tahu oleh masyarakat indonesia. Tapi, tahukah anda bahwa ternyata Sari Kedelai mempunyai manfaat yang sangat luar biasa.
Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi dan mineral alami yang ada dalam minuman Sari Kedelai.
  • Protein
  • Isoflavon
  • Lesitin
  • Magnesium
  • Asam Folat 
  • Asam Amino
  • Glisin
  • Arginin
  • Triptotan
  • Selenium
  • Asam lemak tak jenuh
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Lechithin
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Fosfor
  • Zat Besi

Khasiat Minuman Sari Kedelai 
  • Mengatasi Intoleransi Laktosa yakni keadaan dimana tubuh tidak mampu menerima kandungan protein hewani seperti susu sapi.
  • Minuman untuk penderita Autis
  • Minuman untuk para Vegetarian
  • Mencegah Arteriosklerosis
  • Mencegah Hipertensi
  • Mencegah Stroke
  • Mencegah Diabetes
  • Mencegah Migrain
  • Mempu melarutkan Kolesterol dalam darah
  • Mengatur tekanan darah
  • Pencegah penyakit Jantung
  • Penyeimbang kadar Hormon Insulin
  • Mengatasi sindrome Monopause
  • Kandungan Triptotan membentuk Hormon Melatonin di dalam tubuh sehingga menambah kesuburan pria dan wanita
  • Mencegah penyakit Kanker
  • Sebagai Anti Oksidan dalam tubuh
  • Mencegah Penuaan Dini (Osteoporosis)
  • Mengatasi Obesitas
  • Mencegah Penyekit Ginjal

Teman

PASANG IKLAN ANDA

Pasang Iklan
gusliansyach@gmail.com


INFO LOWONGAN
KERJA

Saya

Foto saya
Tarakan, Kalimantan Timur, Indonesia
Orang biasa saja, biasa-biasa saja, makanya blognya juga biasa-biasa saja..